Sabtu, 18 Oktober 2014

Manusia dan Kebudayaan



Manusia dan kebudayaanmerupakan salah satu ikatan yang tk bisa dipisahkan dalam kehidupan. manusia sebagai makhluk tuhan yang paling sempurna merupaan makhluk yang memiliki budaya.manusia juga bia menciptakankebuayaan mereka sendiriserta melestarikan kebudayaan tersebut secara turun-temurun.
kebudayaan merupakanwarisan yang ampuh dalam sjarah kehidupanmanusia yang dapat berkembang dan dikembangkan melalui sikap-sikap budayayag mampu mndukungnya dengan baik.

kat budaya meupakan bentuk majemuk kata budi-daya yang berarti cipta, karsa dan rasa. tetapi kata budaya hanya dipakai sebagai singkatan kata kebudayaan. yang berasal dari bahasa sangsekerta budhayah. budaya atau kebudayaan dalam bahasa belanda diistilahkan dengan bahasa culturur. alam bahasa inggris culture. sedangkan dalam bahasa latin disebut dengan colera. colera berarti, mengolah, menyuburkan, mengerjakan dan mengembangkan tanah (bertani). kemudian pengertian ini berkembang dalam arti culture, yaitu sebagai segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah semua yang ada di alam.

berbudaya, selain didasarkan pada etika juga mengandung pada estetika didalamnya. etika disini menyangkut analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik buruk serta tanggung jawab. sedangkan estetika menyangkut pembahasan keindahan, yaitu bagaimana sesuatu bisa terbentuk dan bagaimana seseorang bisa merasakannya. contohnya seperti keindahan yang indah dan banyak diindonesia dan bagaimana cara manusia untuk merasakan keindahan tersebut serta dapat mengolah sesuatunya.

sumber       : http://www.wongdarjo.com/2014/03/pengertian-manusia-sebagai-makhluk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar